Welcome Myspace Comments

Potret Pendidikan Indonesia

POTRET PENDIDIKAN DI INDONESIA


Negara Indonesia sudah mengalami kemerdekan hampir 67 tahun lamanya, namun pada masa itu, masih banyak warga Negara Indonesia yang belum semuanya mampu mengenyam pendidikan secara menyeluruh. Disisi lain, beberapa prestasi yang menjulang tinggi sudah dapat di raih oleh sebagian kalangan masyarakat, tetapi sebagian besar masyarakat Indonesia belum mendapatkan pendidikan yang layak dan memadai.

Jika kita meperhatikan proses pendidikan sekarang ini, tentunya masih banyak di jumpai sekolah-sekolah yang belum mengubah proses pembelajaran mereka sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada dan masih menggunakan metode pembelajaran yang sangat membosankan. Dengan keadaan yang semacam ini, mengakibatkan peserta didik menjadi bosan dan sulit untuk memahami apa yang ia dapat dari sekolah tersebut. Belum lagi masalah-masalah yang lainnya seperti infrastruktur dan saranaprasarana yang tentunya masih jauh dari harapan. Jika kita melihat siaran televisi beberapa tahun akhir ini, mereka menayangkan berbagai macam kekerasan yang dilakukan oleh pelajar maupun oleh pengajar mereka sendiri. Hal ini memperlihatkan kepada kita semua bahwa pendidikan di Indonesia sekarang masih jauh dari impian kita bersama. 

Sebenarnya pendidikan di Indonesia tidaklah sebobrok yang kita bayangkan, masih saja kita jumpai siaran di televisi yang menayangkan mengenai prestasi membanggakan yang bisa didapat oleh anak didik kita mampu berbicara di kancah Internasional, hal ini dapat mengobati kecemasan kita akan muramnya dunia pendidikan di Indonesia. Apa yang salah dengan pendidikan kita,…? Tentunya saling menyalahkan bukanlah solusi terbaik yang dapat kita jalankan, namun dengan memulai dari diri kita sendirilah kondisi ini dapat berubah, baik yang berprofesi sebagai pendidik maupun sebagai orang tua, bahkan masyarakat pada umumnya.

Jika semua kalangan baik pendidik, siswa dan orang tua, mereka sudah bisa memahami posisi dan tanggungjawab mereka sendiri-sendiri, dan tidak saling menyalahkan, maka keterpurukan pendidikan di Indonesia akan segera terhapuskan sedikit demi sedikit dari bumi Indonesia.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar